Gak usah down dulu kalo ternyata setelah menjalani sidang dan setelah pengumuman hasil rupanya kita lulus tetapi dengan revisi/perbaikan? Gak usah keburu down. Saya ada sedikit masukan kalo kalian kebetulan kudu revisi skripsi/penelitian. Untuk memudahkan saya bagi revisi jadi 3 kategori:

  1. Revisi Non Teknis
    2. Revisi Teknis
    3. Rombak Ulang

  1. Revisi Non Teknis
    Biasanya terjadi kalo dosen pembimbing kita kelewat perfeksionis atau biasanya terjadi pada dosen2 penguji senior. Sebenernya gak ada kesalahan yang fatal didalam skripsi kita, cuma dosen2 penguji biasanya gak mau kehilangan muka dengan meluluskan mahasiswa begitu saja (mungkin dalam pikiran tuh dosen "wong gw dulu aja susah masak elu gampang sih" ).
    Biasanya yang direvisi pun bersifat ecek2 (gak penting) seperti tanda baca, kalimat baku yang dipergunakan, kurang referensi/literatur pendukung dsb.
    Tips dari saya:
    - Jangan sekali2 revisi ini ditunda. Semakin ditunda semakin molor dan elu gak bakalan kelar2 tuh revisi. Cepat digarap dan kemudian ajukan ke dosen untuk di approve.
    - Dosen nya sibuk? Kejar terus bos. Kalo perlu jabanin ke rumahnya. Temen gw malah nitipin revisi skripsi ke pembokat nya tuh dosen biar besoknya bisa di cek.
    - Kalo gak menguasai semodel2 tanda baca dan penggunaan kalimat baku ya coba tanya senior2 deh. Atau jangan males buka KBBI.
    - Bingung cari referensi/literatur tambahan? Ada triknya. Lu cari aja penelitian/skripsi yang mirip2. Comot aja referensi tambahannya dari situ.

    2. Revisi Teknis
    Revisi teknis sedikit lebih berat daripada non teknis, karena revisi teknis itu berkaitan dengan substansi skripsi atau penelitian kita. Biasanya terjadi kalo dosen penguji gak puas sama hasil akhir atau kesimpulan dari skripsi/penelitian kita. Terasa sedikit berat, tapi kalo kita tekun dan cerdik saya rasa bakalan cepet bisa kelar.
    Tips dari saya:
    - Cermati baik2 apa2 saja yang harus di revisi. Gak usah kerajinan dengan ngubek2 hal2 yang gak berkaitan sama revisi itu.
    - Masih bingung juga? Gak ada salahnya minta bimbingan lagi dari dosen pembimbing kita plus tanya2 sama dosen penguji soal kekurangan kita.
    - Penyakit utama revisi itu males. Semakin susah revisinya semakin males. Jangan males lah. Semakin elu rajin, dosen pembimbing juga akan semangat bantu elo revisi. Alhasil revisi cepet tuntas


    3. Rombak Ulang
    Kalo yang ini sih parah banget dan biasanya jarang banget, tapi temen gw pernah tuh ngalamin. Kasian banget dah, udah skripsinya lama, dirombak ulang pula
    . Biasanya kalo udah disuruh rombak ulang kita itu dinyatakan tidak lulus atau kalopun lulus nilai kita C/D. Rombak ulang itu terjadi karena:
    * Lu dan dosen pembimbing dari awal udah gak kompak
    * Lu dapet dosen pembimbing yang gak paham sama sekali skripsi/penelitian elu, tapi tetep nekad mau ngeBimbing

    * Dosen pembimbing elu punya prinsip "terserah lu deh".
    Pertama2 nya sih enak, lama2 jadi bumerang saat sidang.
    Tips dari saya:
    - Gak usah down. Tetep pede aja ngerjain revisi nya.
    - Sekalipun namanya rombak ulang, tapi sejatinya yang dirombak itu biasanya antara BAB 3, 4 dan 5 saja. Pendahuluan dan Landasan Teori biasanya gak terlalu diutak atik. Sukur2 yang disuruh rombak cuma bab 5 nya aja alias kesimpulan (misalnya kesimpulan elu bener2 ngawur) So cermati baik2.
    - Coba deh minta saran dari dosen penguji, dimana aja kesalahan elu.
share dikit yah


1 comments:

Njir, bikin gw takut masa depan aja. Lagipula, apa biasanya itu juga terjadi bagi yg buat tesis ama disertasi? Soalnya kan kasian apalagi kalo disertasi. Dah mesti orisinil atau original yg sendiri, mesti direvisi pula.

Post a Comment