Pertama -tama pasti berdoa dulu ye....
1. Yang pastinya semua materi harus kamu kuasai , meski skripsi bukan kita yang buat,kitaharus ngerti isi skripsi dan jika ada gambar harus dipelajari baik2(serperti bagan, DFD(data flow diagram), flowchart(nah ini paling sering ditanyakan),dll) dan tentunya setiap kata2 sulit, singkatan2 harus kamu kenal betul.
Tapi aq percaya kamu mengerti betul isi skripsi karena loe buat
sendiri.

2. Kadang ada dosen penguji iseng menanyakan hal2 di luar isi skripsi kamu, jadi kalo memang kamu bener tidak tahu dan yakin itu di luar pembahasan kamu, kamu jangan ragu memberitahukan dengan sopan bahwa pertanyaan di luar pembahasan.

3. Pertahankan isi skripsi mu, dolo aq sering ditanya macam2, serpti ini : "lho isi nya harus seperti ini...., kok kamu buat seperti itu ....." Kamu harus bisa menjelaskannya kenapa kamu tulis seperti ini. Tapi ada dosen yang tipe tak mau ngalah, kamu pun jgn ngotot merasa bener,meski kamu bener.

Dan jika kamu memang kedapatan salah bilangin ke dosen nya : "ok pak/bu akan aq revisi". Jangan udah salah ngotot mau bener, dosen paling benci itu.

4. Kebanyakan ditanya pada awal memulai : apa judul skripsi mu, terus apa yang kamu susun di dalamnya, apa nilai lebih dari skripsi mu, apa yang bisa orang dapatkan dari skripsimu, tujuan km buat skripsi apa dll

5. Ya biasalah dosen suka cari kesalahan dan celah2 di skripsi kamu, jadi kamu harus bersiap2 untuk itu, tapi aq rasa bagi kamu ga masalah, karena kamu yang buat sendiri. dan aq yakin kamu pasti pinter orangnya.
Kadang kalo udah bisa jawab 4 atau lebih pertanyaan kamu akan makin pede waktu di depan. Awal-awal aja terasa deg2 an

Itu aja deh sori ya kalo kacau tulisan nya, itulah pengalaman selama sidang skripsi versi aq dan kampus aq....

Di sidang itu , sebenarnya dosen hanya ingin lihat kesiapan kamu, penguasaan kamu terhadap materi yang kamu susun, cara kamu menghadapi pertanyaan, carakamu menjawab persoalan. Kadang mereka seolah2 mempersulit, tapi sebenarnya mereka ingin melatih mental kamu.

Karena pasca sidang, dosen nya sendiri menjelaskan : "selama ini kami kelihatan mempersulit kalian, tapi kami ingin melatih mental kalian, karena mungkin ketika di masyarakat akan lebih dari itu, bla..bla.."

Jadi ga usah takut, toh skripsi itu kamu yang buat , jerih payah kamu, keringatmu sendiri, mungkin kamu tidak tidur mengerjakan skripsi itu, mungkin aja udah habiskan banyak biaya, printer, kertas,juga memakan otak kamu, bahkan kesehatan kamu. nah di sidang ini buktikan semua yang sudah kamu susun dengan susah payah. Masa jerih payah berbulan2 dalam menyusun skripsi + masa kuliah 4 tahun (kalo s1 umumnya) kalah hanya dalam sidang 2 jam? No way....amit amit dah...

So aq doain semoga sukses ya...

0 comments:

Post a Comment