wah... tapi jangan kuatir sidang skripsi akan jadi moment yang tak terlupakan... menurutku sidang skripsi juga untuk mengetes mental kita, kita dituntut untuk bisa mempertanggung jawabkan atas apa yang kita tulis di skripsi so intinya jadilah orang yang bertanggung jawab penuh atas skripsi kamu, btw nie ada sedikit tips dr gw pribadi :


1. jangan pernah jadi orang yang sok tahu, menjawab atau memotong pembicaraan dosen penguji, bersikap sok pinter dan arogan
2. ingat sering tersenyum dan pasang muka ramah, jgn pasang muka cemberut


3. jangan menjawab berbelit2 dan panjang lebar tanpa arah yang jelas karena akan membuat dosen penguji jengkel dan ingin membunuh karakter serta ingin mematahkan anda jawab yg efektif, contoh misal kamu ditanya " apa kamu yakin dengan persepsimu tentang ini? lalu apa penjelasannya? " km tinggal menjawab saya yakin atau tidak yakin lalu kemukakan penjelasan kamu, jangan malah dijawab yg lain2 itu kebiasaan yg sering kutemui.. kl ditanya yakin atau tidak yakin lalu alesannya apa bukannya dijawab yakin ato tidak malah dia nyerocos panjang lebar ngga karuan.


4. kalau memang km mentok bgt ngga bisa jawab, hal yg paling penting km lakukan adalah jangan ngeles, jangan ngomong ngelantur seolah2 kita bisa menjawab padahal jawaban kita cuma omongan ngawur biar keliatan bisa jawab aja, ini bahaya dan bisa jd boomerang buat kamu mulumu harimaumu. hal yang hrs km lakukan saat mentok ngga bisa jawab diam sejenak lalu angkat kepala dan bilang " maaf ibu bapak mungkin saya agak kesulitan menjawab pertanyaan ibu atau bapak tapi saya tetap ingin mencoba mohon dibantu kl berkenan lalu jawab aja bla-bla-bla sedikit yg kamu ketahui, dengan begitu dosen penguji jauh lebih positif memandang km dan pertimbangan memberi nilai ke km. tapi ya jgn sering begini ini kl mentok ga bisa aja kl tiap dikasih pertanyaan kayak gini berarti km nya emg ngga worthed jd sarjana.


5. berikan kesan yang bagus, sopan attitude yg mengundang simpatik, misal saat saat dosen penguji bertanya dan km yakin bisa jawab itu maka sebelum menjawab sisipkan kalimat. " terimakasih pertanyaannya... pertanyaan dari ibu A sangat menarik dan membuat saya lebih semangat lalu jawab dengan singkat jelas dan tepat, dengan begitu ketika jawabanmu dinilai benar maka penguji akan selalu mengingatnya karena pernyataanmu td, sehingga di benaknya meski km salah dua dari lima pertanyaan tapi di mata sang penguji dua kesalahan akan mudah dilupakan


6. terkadang apa yang disampaikan tidak penting tapi yang terpenting adalah bagaimana cara menyampaikannya, igt itu terus... sampaikan semua pernyataan kamu dengan nada yg tidak tinggi, selalu dengan niat ingin menjelaskan dan bertanggung jawab, bukan dengan gaya atau intonasi yang sok tau atau menggurui, dosen sangat tidak suka.

0 comments:

Post a Comment